SERU! Membaca kepribadian di MBTI secara online


           
Hiii… temaaan ketemu lagi nih ma saya, pemimpi yang cantik, baik hati dan tidak sombong. eh karena ini sudah 2015 jadi gelarku nambah dua lagi; cantik, baik hati, tidak sombong, rajin menabung dan tidak pelit. Hahaa……
Kali ini saya mau membahas tentang MBTI.

Jadi setelah semalaman saya googling-browsing ato apalah saya menemukan banyak artikel yang memperkenalkan tentang MBTI ini, nah dari artikel-artikel itulah akhirnya saya sampe di instrumen tes online MBTI secara gratis.
“Apasih itu MBTI?cara mengukurnya bagaimana? Gue juga mau dong caranya bagaimana?”
Sabar!ntar dijelasin satu persatu.
Pengertian MBTI
Jadi menurut salah satu artikel yang saya baca, MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator ini merupakan instrumen tes yang terpopuler dikalangan pemerhati kepribadian individu. MBTI pertamakali diperkenalkan pada taun (lupa sekitaran taun berapa) oleh Katherine cook brigs bersama putrinya, Isabel Brigs Myers. MBTI ini mereka gunakan untuk membantu para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang cocok; entah itu mereka cocok menjadi pilot kah, dokter kah, guru, senator atau pengemis *eh ?
MBTI itu sendiri bagian dari ilmu psikologi yang dikembangkan dengan metode ilmiah dan bersandarkan pada 4 dimensi yang dikotomis (saling berlawanan), keempat dimensi tersebut yaitu :
1.      Extrovert (E) vs Introvert (I). Extrovert yaitu tipe yang suka bergaul, suka melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Sedangkan tipe Introvert itu suka menyendiri, ga suka bergaul. Kalo orang-orang bilang sih anak kuper.
2.      Sensing (S) vs Intuitiv (N). Sensing memproses data dengan melihat fakta. Sensing adalah concrete thinkers. Sedangkan intuitiv memproses data dengan melihat berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang menurutnya dapat terjadi. Intuitif adalah abstract thinkers.
3.      Thinking (T) vs Feeling (F). Thinking yaitu tipe yang selalu menggunakan logika setiap mengambil keputusan. Sedangkan feeling ya berdasarkan feeling, perasaan atau empati dalam mengambil keputusan.
4.      Judging (J) vs Perceiving (P). Judging tipe orang yang cenderung bertumpu pada rencana yang sistematis. Mereka tidak suka hal-hal yang terjadi diluar perencanaan dan yang mendadak.  Sedangkan perceiving tipe orang yang menganggap perubahan mendadak tidak jadi masalah. Mereka selalu tenang tapi dibalik ketenangannya mereka sebenarnya berpikir keras untuk mencari beragam peluang dibalik perubahan tersebut.

Nah karena dalam MBTI  terdapat 4 dimensi jadi kombinasinya nanti terbentuk 16 tipe kepribadian. masing-masing memberikan deskripsi yang berbeda untuk pola kepribadiannya. Seperti pada gambar berikut
sumber gambar : nafismudrika.blogspot.com


Cara mengukur kepribadian di MBTI
Untuk melakukan tes MBTI kalian bisa langsung masuk disini atau download aja nih alat tes dan scoring MBTI , gratis loh dari saya ;)
Jadi  sewaktu saya melakukan tes online MBTI hasilnya adalah ENFJ. Yap, tipe kepribadian saya ENFJ.

Pendeskripsiannya kurang lebih seperti ini :

  •  Secara eksternal orangnya terfokus, instropektif, positif dan memiliki ketrampilan yang baik.
  •  Mereka sangat mementingkan membantu oranglain untuk tumbuh
  •  Hangat dan memiliki keinginan alami untuk menolong orang lain
  •   Berusaha untuk meningkatkan kehidupan orang-orang disekitarnya
ENFJs are externally focused, introspective, altruistic, positive and have excellent people skills. They place utmost importance on helping others grow. They are warm and have a natural desire to be supportive and encouraging. Being charismatic and possessing excellent language skills, they do well in leadership roles. ENFJs strive to enhance the lives of their human brethren.
jadi senyum-senyum sendiri pas baca^^
 Ok gaes sampe disini dulu postingan kali ini, walaupun tes kepribadian inventori sangat bervariasi tapi menurut penelitian tes kepribadian di MBTI adalah yang paling akurat. So ga ada salahnya dong kalian mencoba.SEMANGAT!




3 Comments

  1. O_o semuanya nunjukin kalo kamu punya kepribadian yang suka menolong dan peduli pada orang sekitar. *lalu ngemasin barang, pindah ke sekitarannya*

    ReplyDelete
  2. Jaman sekarang rasa peduli jadi tipis sekali.

    ReplyDelete
  3. tes kepribadian yaa? okay, MiQHNuR coba dulu yaah...
    jangan lupa mampir balik!

    ReplyDelete