5 Tips Untukmu yang sedang berhijrah

Hijrah menurut bahasa berarti meninggalkan, menjauhkan diri dan berpindah tempat.
Sedangkan menurut istilah, hijrah adalah berpindah dari kemaksiatan menuju ketaatan.
Sederhananya: Hijrah adalah Perubahan.
1. Berubah dari yang tidak tahu, menjadi berilmu
2. Berubah dari yang dulunya malas, menjadi rajin
3. Berubah dari yang dulunya jahat, mejadi baik
Intinya, hijrah itu berubah menuju kebaikan. Sehingga semua orang harus berhijrah. kenapa? karena kalau gak mau berubah, hidupnya gitu-gitu aja, maka siap-siap punah. seperti pager yang gak mau berubah, maka ia punah tergantikan smartphone. 

Tapi yang menjadi masalahnya, mempertahankan hijrah itu sulit. Istiqomah itu sulit.
Tahajjud tiap hari - sulit
Sholat tepat waktu -berat
Sedekah tiap hari - susah
Belajar dan ngaji -malas
Kenapa seperti itu? karena setan tidak akan pernah ridho melihat seseorang taat kepada Allah. 
“Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan (saja) mengatakan, “Kami telah beriman,” sementara mereka tidak diuji lagi?”
(QS. Al-Ankabut : 2)
Jadi, rasa malas, rasa berat dan kesulitan lainnya yang kita alami selama proses hijrah merupakan cobaan untuk meningkatkan kadar keimanan dan Allah menjanjikan kita pahala yang besar apabila berhasil bertahan (QS. An-nahl:102). Lalu bagaimana agar kita tetap istiqomah? berikut ada 5 tips untukmu yang sedang berhijrah agar tetap istiqomah, insyaAllah:

1. Rindu nasehat
Jangan bosan terima nasehat dari siapapun itu karena menerima nasehat adalah kewajiban setiap orang beriman. orang tidak akan memberikan nasehat kalau bukan demi kebaikan kita kan?. 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda kepada Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu ketika Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu menerima amalan ayat Kursi dibaca sebelum tidur:
« أَمَا إِنَّهُ قَدْ صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ ، تَعْلَمُ مَنْ تُخَاطِبُ مُنْذُ ثَلاَثِ لَيَالٍ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ » . قَالَ لاَ . قَالَ « ذَاكَ شَيْطَانٌ »
Artinya: "Adapun sesungguhnya ia telah berkata benar kepadamu dan ia adalah tukang dusta, apakah kamu mengetahui siapakah yang kamu bicarai selama tiga hari ini, wahai Abu Hurairah?", beliau menjawab: "Tidak", Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ia adalah Syaithan (Iblis)." HR. Bukhari.
By Pinterest

2. Menguatkan pemikiran dengan penambahan ilmu.
Rasulullah SAW bersabda: "Tuntutlah ilmu walau sampai ke Negeri Cina."
Ungkapan tersebut menunjukkan betapa pentingnya ilmu itu. Amal ibadah kita hanya bisa meningkat apabila ada ilmunya, iya kan? maka rajin-rajinlah menuntut ilmu. banyak membaca, banyak mengikuti kajian.


3. Banyak berbuat amal kebaikan.
Shalat sunnah, puasa sunnah, sedekah merupakan beberapa amalan yang dapat meningkatkan ketaatan kita kepada Allah. Untuk mulai melakukannya memang susah, sehingga kita harus memaksakan diri agar menjadi kebiasaan. Paksa-bisa-terbiasa.
tabungwakaf.com

4. Menjaga kesehatan
Islam mencintai pria dan wanita yang kuat daripada muslim yang lemah, sehingga menjaga pola makan dan olahraga yang rutin wajib dilakukan. Karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Beribadah dengan tubuh yang sehat jauh lebih khusyu daripada beribadah dalam keadaan sakit, right :)
inspirenurse.blogspot.co.id
5. Banyak mengingat mati
"Hai orang-orang yang beriman.. Bertakwalah kepada Allah dan perhatikanlah masing-masing kalian amal perbuatannya untuk akhirat. Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kalian perbuat." (QS.Al-Hasyr : 18)
Mengingat kematian membuat kita semakin mempersiapkan diri menemui Tuhan, mengingat kematian membuat kita takut melakukan kejahatan, dan mengingat kematian juga membuat kita memperbaiki hidup kita. ingat, our time is limitted. Ajal datang, kita tak tahu kapan. Tapi kemana kaki melangkah itu pilihan.

Okay, itulah 5 tips yang semoga dapat membantu kita untuk terus istiqomah di Jalan-Nya. Tips diatas sebenarnya kesimpulan dari materi-materi tentang hijrah yang saya dapatkan di setiap kajian.hhee semoga bermanfaat yah. fighting :D

2 Comments

  1. Terima kasih pencerahannya.
    yang sulit adalah untuk terus konsisten dengan hal-hal baik yang sudah dijalankan.Bagaimana caranya agar kekonsistenan itu terus ada hingga ajal menjelang ya?

    tidak sekejap lalu balik lagi ke masa tidak baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu dengan berusaha dan berdoa. kita ketahui bersama bahwa Allah-lah yang maha membolak-balikkan hati manusia. jadi selain terus berusaha untuk melakukan kebaikan, teruslah berdoa pada-Nya untuk diteguhkan hati kita di jalan kebenaran.

      Delete