Peduli Kanker dengan mendownload aplikasi #TemanKanker

Assalamualaikum.
Pada tanggal 17 September tepatnya hari minggu kemaren, saya dan teman-teman jogging di Anjungan Pantai Losari. Hari itu kami memilih Pantai Losari karena ingin ikut senam bersama. alih-alih ikut senam, yang ada malah ikut bersama 80.000 peserta untuk mendownload aplikasi TemanKanker. Hhee

Jadi ceritanya begini, sebelum menuju ke lokasi senam, saya melihat ada acara yang pesertanya banyak sekali. Pas di zoom, ternyata itu adalah acara launching aplikasi TemanKanker oleh pemerintah kota Makassar bersama IBM Indonesia, Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dan Rumah Sakit Kanker Dharmais. Acara ini dihadiri oleh Bapak Walikota Moh. Ramdhan Dhanny Pomanto. Kurang tau acara ini mulainya jam berapa, yang jelas sewaktu kami sampai Bapak Walikota sedang memberikan ceramah.


Adik-adik yang duduk di belakang Pak Walikota adalah pasien pengidap kanker dari RS. Unhas. Melihat anak sekecil itu terkena kanker, rasanya sedih. Bagaimana anak sekecil itu bisa menahan sakitnya kemoterapi? :(

Setelah Pak Danny Pomanto memberikan sambutan, acara intipun dimulai yaitu download serentak aplikasi TemanKanker dengan 80.000 peserta. Setelah mendownload serentak, dilanjutkan acara jalan santai, tapi saya dan teman-teman tidak ikut karena hadiahnya berupa sepeda mini dan tas sekolah yang memang hanya diperuntukkan siswa-siswi. Kenapa tidak ada hadiah untuk mahasiswa-mahasiswi? mengecewakan. wkwkwk~

Sedikit Tentang Aplikasi TemanKanker...

TemanKanker merupakan platform aplikasi digital yang menghubungkan para peduli kanker di Indonesia. Mulai dari pasien, survivor kanker, dokter-dokter, hingga masyarakat umum. Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan pencegahan terhadap penyakit kanker.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur yang menyediakan informasi mengenai rumah sakit kanker beserta spesialis kankernya, informasi mengenai kanker itu sendiri, pencegahan dan pengobatannya, juga terdapat kisah-kisah para survivor yang inspiratif. Survivor adalah orang yang berhasil sembuh dari kanker. Oiya yang menarik dari aplikasi ini menurut saya karena ada fitur chat-nya. Melalui fitur chat ini kita bisa saling berdiskusi dengan dokter, pasien, survivor, dll sesama pengguna. Kita juga bisa mengirimkan kata-kata semangat untuk para pasien. Menarik kan?

Mengirimkan kata-kata penyemangat ke semua pasien kanker yang menjadi pengguna aplikasi tersebut adalah salah satu bentuk kepedulianku terhadap penyakit kanker. Kalau kamu? ayolah ikutan, karena Pak Danny bilang kanker bukan hanya dilawan dengan obat tapi juga harus dilawan dengan semangat.
Download now!

"Untuk saudara-saudaraku yang terkena kanker dimanapun kalian berada, terima kasih karena sudah mau berjuang melawan penyakit tersebut. Aku yakin kalian tahu bahwa sakit merupakan tanda cinta-NYA karena ketika orang sakit, Allah mengirimkan 4 Malaikat menjaganya. kalian tahu kan? kalau belum, nih aku kasih tahu tugas para Malaikat penjaga tersebut :
1. Malaikat pertama bertugas mengambil kekuatan orang yang sakit sehingga Ia menjadi lemah.
2. Malaikat kedua untuk mengambil rasa lezatnya makanan dari mulutnya.
3. Malaikat ketiga untuk mengambil cahaya terang di wajahnya sehingga berubahlah wajah menjadi pucat.
4. Malaikat keempat untuk mengambil semua dosanya, maka berubahlah si sakit menjadi suci dari dosa. 
Namun ketika Allah akan menyembuhkan orang yang sakit tersebut, malaikat 1, 2 dan 3 diperintahkan untuk mengembalikan apa yang sudah mereka ambil. Seperti kekuatannya, rasa lezat dilidah, serta cahaya orang yang sakit sehingga kembali terlihat kembali bersemangat tapi tetap suci dari dosa. 
Oleh karena itu wahai saudara-saudaraku, tetaplah bersemangat dan jangan menyerah. semua ini hanya masalah waktu, tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan-NYA. Tetaplah bersabar dan terus memohon pada-NYA. Kami disini juga slalu mendoakanmu. Semangat, we love you :)."

10 Comments

  1. wah keren banget nih..terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  2. Bisa juga ngasih support lewat aplikasi ini ya..bagus banget

    ReplyDelete
  3. Keren, ada aplikasinya. Para penderitapun butuh teman. Dengan begini bisa berbagi banyak hal, peduli dan saling support.

    ReplyDelete
  4. Ada rasa sedih dan terharu dan ikut prihatin bagi yang sedang diuji kesehatannya. Terus terang saja , saya tidak bisa berkata banyak. Karena saya tidak tahan membayangkan betapa sakitnya.

    ReplyDelete