Mau Cantik, Sehat dan Cerdas? Yuk Makan Ayam & Telur!

Assalamualaikum :)

Sejak kecil, makanan sehari-hariku adalah ayam dan telur.
Ayamnya tidak tiap hari sih, tapi telurnya hampir tiap hari disaat sarapan. Jadi tiap pagi mama selalu membuatkan kami sarapan yang bahannya dari telur. Nasi goreng campur telur, nasi kuning dan telur rebus, nasi putih dan telur mata sapi, nasi putih dan telur mata kambing, dll. 
Telur Mata Sapi 
Dalam keluarga kami juga ada tradisi: setiap anak yang mau mengikuti ujian semester atau ulangan harian, sebelum berangkat harus makan telur setengah matang. katanya biar otaknya encer menjawab soal, and then saya benar-benar mendapatkan nilai tertinggi. Trus karena sejak SD-SMA saya mendapatkan rangking 1, para tetangga mengikuti tradisi keluarga kami. Jadi kalau kalian juga mau mendapatkan juara 1, cukup makan telur setengah matang saja, tidak perlu belajar.


FYI, faktor kecerdasan seorang anak bukan ditentukan oleh telur dan nutrisi yang kaya akan vitamin, namun faktor genetik dan stimulasi yang diberikan oleh lingkungannya juga mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan otak. Jadi harus tetap belajar ya :D 

Dan sampai sekarang, makanan favorite saya tetap ayam dan telur. Apalagi sejak jadi mahasiswa rantau, jauh dari orang tua, jadinya setiap hari makan telur. Kenapa? karena bergizi dan murah. hhee


Dari tabel diatas kita dapat melihat bahwa telur dan daging ayam adalah sumber protein yang sangat murah. Harga protein telur Rp. 144/gram, lebih murah dibanding harga protein tempe (Rp. 181/gram). Kalau protein ayam hanya Rp. 162/gram, lebih murah dibanding harga protein ikan (Rp. 200/gram). Tapi kenapa berdasarkan survei pemerintah, daya beli masyarakat untuk ayam dan telur sangat rendah? konsumsi telur masyarakat Indonesia hanya 100 butir per orang per tahun. artinya masyarakat Indonesia hanya makan 1 butir telur setiap 3 hari. Berbeda dengan rokok, konsumsi rokok masyarakat Indonesia mencapai lebih dari 1.100 batang per orang per tahun. Artinya masyarakat indonesia rata-rata membeli 3 batang rokok perhari. Lebih menyukai rokok yang jelas-jelas merusak dibanding mengkonsumsi telur yang bergizi. Sangat memprihatinkan.

Kalau saya perhatikan juga, banyak mahasiswa yang lebih menyukai gorengan dijadikan lauk dibanding telur. Mulai dari tahu, tempe, kerupuk sampai bakwan. Padahal minyak yang digunakan penjualnya jelas-jelas berwarna coklat bahkan kehitam-hitaman. artinya minyaknya sudah dipakai berulang-ulang. Minyak yang digunakan berulang kali mengandung lemak trans yang jauh lebih berbahaya dari lemak jenuh. Lemak trans ini meningkatkan kadar kolesterol LDL (lemak jahat) dan menurunkan kadar kolesterol HDL (lemak baik) sehingga berdampak buruk terhadap kesehatan. Lemak trans meningkatkan resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke (Halosehat.com).

Jadi sudah saatnya kita menerapkan pola makan yang sehat. Mulai dari yang sederhana saja, seperti menjadikan ayam dan telur sebagai lauk-pauk. Kenapa? karena ayam dan telur memiliki banyak manfaat, diantaranya:

Manfaatnya terhadap kesehatan


1. Meningkatkan kekebalan tubuh.
Daging ayam mengandung vitamin dan mineral yang meningkatkan sistem imun. Telur mengandung selenium yang bagus dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang baik, tentu penyakit tidak mudah mendekat dan menyerang kesehatan kita :).

2. Menjaga kesehatan gigi dan tulang.
Ayam mengandung fosfor yang menjaga kesehatan gigi dan mengandung zat selenium yang tinggi untuk menjaga kesehatan tulang. Sedangkan telur mengandung vitamin D yang berfungsi sebagai vitamin untuk penyerapan kalsium bagi tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi ayam dan telur, gigi & tulang kita menjadi kuat dan terhindar dari radang sendi dan pengeroposan tulang.

3. Menambah massa otot
Daging ayam dan telur mengandung protein yang cukup tinggi dalam menyehatkan dan membantu perkembangan otot.

4. Mempertahankan keseimbangan kolesterol
Zat niacin dalam daging mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab jantung koroner. Untuk telur, menurut penelitian dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein yang merupakan kolesterol baik. Jika mengkonsumsi 2 butir telur perhari, mampu meningkatkan level HDL sebanyak 10 kali.

5. Mencegah anemia
Daging ayam mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi merupakan penyusun utama sel darah merah. Dengan mengkonsumsi daging ayam, kadar trombosit dalam tubuh akan stabil sehingga terhindar dari anemia.

6. Mencegah kanker 
Daging unggas mengandung niacin yang mampu mencegah kanker dan menghindari terjadinya kerusakan sel-sel DNA pencetus kanker.

7. Sebagai nutrisi penting untuk ibu hamil
Telur kaya akan selenium, zinc, vitamin A, D dan B kompleks yang dibutuhkan selama kehamilan. Telur juga mengandung kolin yang dapat mengurangi resiko bayi terkena gangguan penyakit dan dapat mengurangi stres ibu hamil selama persalinan. Selain itu, telur mengandung folat yang membantu perkembangan otak janin, mencegah lahir prematur dan mengurangi resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi sebutir telur perhari untuk memenuhi 28% kebutuhan kolinnya.

Manfaatnya terhadap kecerdasan



1. Telur
Telur mengandung choline dan asam lemak omega-3 yang yang berperan dalam perkembangan otak janin. kandungan tersebut juga dapat mencegah kecacatan pada syaraf bayi, membangun membran sel serta memproduksi sinyal pada otak anak dan memperbaiki fungsi daya ingat. Menurut ahli gizi Fakultas Kedokteran UGM Toto sudargo, SKM, M.Kes yang artikelnya dapat dilihat di situs babyorchestra.com, mengkonsumsi 2 butir telur setiap hari dapat menambah IQ sekitar 20% dan mengobati defisiensi yodium yang banyak diderita murid di daerah pegunungan.

2. Ayam
Ayam mengandung kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Dalam daging ayam juga menganndung asam amino berkualitas tinggi. Asam amino ini berperan untuk mengatur pembentukan senyawa serotonin yang terlibat didalam sistem saraf atau acetylcholine yang penting untuk daya ingat.

Manfaatnya terhadap kecantikan



1. Mencerahkan kulit
kandungan protein yang tinggi dalam telur membantu regenerasi pada sel kulit yang mati. Coba deh gunakan putih telur sebagai masker, hasilnya? kulit akan terasa kencang dan lebih cerah.

2. Merawat rambut
Menurut salah satu artikel yang saya baca, putih telur dapat dijadikan sebagai hair tonic. caranya campurkan putih telur dengan air lalu gunakan pada rambut. untuk hasil yang maksimal, campurkan dengan seledri, kemiri dan lidah buaya. Hasilnya? belum pernah coba sih~

Ayam & Telur makanan kita semua...

Nah tadi kan sudah dijelaskan beberapa manfaat ayam dan telur yang tidak hanya membuat sehat dan cerdas, tapi juga membuat tubuh kita menjadi cantik. Sekarang, yuk ajak keluarga, teman-teman dan semua orang-orang disekitar kita untuk biasakan mengkonsumsi ayam dan telur karena kandungan gizinya luar biasa dan harganya juga terjangkau. Cukup makan 1 telur dan sepotong daging ayam sehari, membuat tubuh menjadi sehat dan cerdas.

Ajakan kita mengenai konsumsi ayam dan telur ini sangat penting karena dampaknya secara langsung berkaitan dengan pencapaian sumber daya manusia yang berkualitas. Saking pentingnya, menteri pertanian Dr. Ir, Suswono, MA mengadakan festival ayam dan telur pada tanggal 15 Oktober 2011. Sejak hari itu, setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN).

Pada tahun 2013 acara HATN dan hari telur sedunia (WED) mulai dilakukan diluar kota, yaitu berlangsung di Lapangan Renon Denpasar. Kemudian tahun 2014 diselenggarakan di pantai Losari Makassar, tahun 2015 di Palembang dan tahun 2016 di Lapangan Murjani Banjarbaru. Tahun 2017 ini HATN dan WED akan dipusatkan di Lombok, NTB.

Semoga acara-acara seperti ini, juga tindakan-tindakan sederhana dari kita seperti menyebar luaskan informasi mengenai manfaat ayam dan telur, dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran gizi masyarakat agar pola belanja masyarakat berorientasi pada kesehatan dan kecerdasan sehingga nantinya akan memilih belanja ayam dan telur dibanding rokok. Dengan peningkatan konsumsi ayam dan telur, masyarakat menjadi lebih sehat dan cerdas. Selain itu, peternakan unggas akan semakin berkembang sehingga menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Dengan ayam dan telur, sehat dan sejahterah untuk kita semua. Merdeka!



Sumber gambar:
http://style.tribunnews.com/2017/05/09/bosan-dengan-menu-telur-goreng-bikin-aja-balado-telur-mata-sapi-ini-begini-caranya
http://www.lekemede.com/2016/12/cara-membedakan-telur-mentah-dan-matang.html
http://pinsarindonesia.com/bahan-lomba-menulis-artikel-hari-ayam-dan-telur-nasional-hatn-2017dan-hari-telur-sedunia-2017/
https://id.tastemade.com/videos/ayam-saus-telur-asin
https://babyorchestra.wordpress.com/tag/manfaat-telur-untuk-kecerdasan-anak/
https://www.rancahpost.co.id/20150940411/ini-dia-manfaat-masker-telur-untuk-kecantikan/

3 Comments

  1. Baru tahu kalau telur bisa jadi tonic. nice artikel (y)

    ReplyDelete
  2. Ternyata telur itu banyak banget manfaatnya ya mba. Saya juga suka makan telur hampir setiap hari. Makanya saya selalu nyetok telur di kulkas. BTW, saya juga ikutan loh, Yuk lah mampir sejenak ke blog NDeso saya....

    ReplyDelete
  3. hihihi..saya dari kecil sarapannya pake telur mba..mama saya pasti ngrebus telur sekalian menanak nasi..

    ReplyDelete