5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Berbahaya: Tidur Setelah Sahur!

 
Assalamualaikum...

Bagaimana kabar puasanya? Bagaimana kabar ibadah lainnya? Semoga kita semua diberikan kekuatan oleh Allah untuk selalu kuat menjalankannya ya. 

Oiya selama puasa saya sering merasakan ngantuk tingkat dewa tiap selesai sahur. Apa kalian juga begitu?. Kalo tahun-tahun kemarin sih saya susah tahan ngantuknya, makanya hobi saya dulu tiap bulan puasa adalah tidur setelah sahur. Tapi sekarang, apapun yang terjadi saya selalu berusaha agar tidak tertidur setelah makan karena ternyata tidur setelah makan atau sahur itu berbahaya.

Bahaya Tidur Setelah Sahur

Setelah kita makan, sistem pencernaan membutuhkan waktu untuk dapat menyerap zat-zat gizi yang terdapat pada makanan. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Kalau kita langsung tertidur dibawah 2 jam, saluran pencernaan akan menghentikan prosesnya dalam menyerap nutrisi pada makanan, akibatnya makanan yang seharusnya tercerna dan menghasilkan energi malah tertumpuk dan menyebabkan berbagai penyakit. Diantaranya:

1. GERD (gastroesophageal reflux disease)
Posisi terlentang saat tidur menyebabkan makanan yang belum selesai dicerna, berbalik kembali ke kerongkongan. Jadi dari lambung kembali lagi ke kerongkongan. Makanan yang kembali ini mengandung asam lambung sehingga menyebabkan kerongkongan menjadi iritasi. Gejalanya yang paling sering dialami orang yang terkena GERD adalah radang tenggorokan, rasa panas di dada dan mulut terasa pahit.

2. Nyeri ulu hati karena peningkatan asam lambung
Ketika kita langsung tidur setelah makan, makanan yang belum selesai tercerna tadi menyebabkan asam lambung mengiritasi dinding lambung sehingga akan timbul nyeri ulu hati (sakit perut kiri bagian atas).
Ini adalah penyakit yang paling banyak dijumpai orang-orang disaat bulan Ramadhan. Teman-teman saya sering bilang gini: "Selama Ramadhan, maagh saya selalu kambuh." Kata-katanya seolah berpuasa di bulan Ramadhan itu tidak menyehatkan, hanya membuatnya sakit. Padahal mah ini karena kebiasaannya yang salah. 

3. Beresiko terkena stroke
Sebenarnya belum ada alasan yang jelas kenapa tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko stroke. Tapi berdasarkan yang saya pahami, kronologinya kurang lebih seperti ini: Ketika tidur, pasokan darah ke otak harus tetap terjaga, tapi karena tidurnya setelah makan yang menyebabkan suplai darah harus berbagi dengan aktifitas lambung, maka darah yang tersuplai di otak berkurang. Kalau kejadian ini berlangsung terus menerus akan menyebabkan otak kekurangan oksigen sehingga menyebabkan stroke.
Dan menurut data yang diperoleh dari salah satu penelitian yang ditampilkan di situs alodokter.com, orang yang memberi jeda waktu tidur setelah makan lebih dari 1 jam, memiliki risiko terkena stroke yang lebih rendah hingga lebih dari 60%. Jadi memang sebaiknya tidak tidur setelah makan atau beri jeda 2 jam kalau memang ingin tidur.
Baca juga: Strategi Meraup Pahala Sebanyak Mungkin di bulan Ramadhan

Tips Menghilangkan Kebiasaan Tidur Setelah Sahur

Agar tetap mendapatkan keberkahan di pagi hari (dengan tidak tidur) dan agar tetap sehat selama berpuasa, saya melakukan hal-hal dibawah ini dengan harapan hobi tahunan yakni 'tidur setelah sahur' itu menghilang. *checkitout*

1.  Sahurnya mendekati waktu imsak
Kalau sahurnya diawal waktu seperti di jam 2 atau jam 3, melawan rasa kantuknya itu susah soalnya waktu menuju sholat subuh masih jauh. Jadi saya sahurnya di jam 4 atau dekat-dekat waktu imsak. Alhamdulillah selama begini terus shalat subuhnya tetap segar, padahal dulu selalu setengah sadar tiap shalat subuh.

2. Setelah shalat, lakukan kegiatan bersih-bersih rumah.
Sebelumnya kan kegiatan saya setelah shalat subuh itu mengaji dan dzikir pagi, tapi kurang maksimal rasanya soalnya diiringi dengan rasa kantuk. Menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit shalat subuh membuat ngantukku kembali lagi, makanya dulu seringkali dzikirnya belum selesai tapi sudah ketiduran diatas sajadah. Nah kegiatan bersih-bersih yang saya lakukan adalah cuci piring, karena kebanyakan bersentuhan dengan air ngantuknya jadi hilang.

3. Setelah membersihkan rumah, wudhu lalu mengaji dan berdzikir
Kegiatan mengaji dan dzikir paginya saya lakukan setelah cuci piring, dalam keadaan segar dan tidak mengantuk.

4.  Setelah mengaji dan dzikir, mandi atau berolahraga.
Kalian bisa milih olahraga dulu atau mandi dulu, kalau saya mandi dulu baru olahraga soalnya jam 7 harus berangkat kerja, jadi olahrganya sekalian di kantor.

5. The last but not least: ubah pola makan saat sahur.
Menu yang baik pada waktu sahur adalah makanan yang kaya serat karena serat memperlambat proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah sehingga tubuh tetap berenergi sepanjang puasa.

Kebanyakan dari kita sahurnya mengkonsumsi karbohidrat sederhana dan protein hewani atau lemak, seperti nasi putih, daging, ikan, teh, dll. Padahal makanan tersebut membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk. Nasi putih yang termasuk karbohidrat sederhana ini cepat menaikkan gula darah tapi cepat juga menurunkannya, akibatnya tubuh jadi cepat merasa lapar, lemas dan ngantuk.
Sebaiknya, ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks seperti ubi dan jagung. Tapi saya sudah terbiasa makan dengan nasi nih, gimana dong?  caranya agar tetap sehat yaitu kombinasikan nasi dengan sayur-sayuran yang segar, jangan yang padat protein karena protein sulit dicerna sehingga menguras energi dalam tubuh.

Jadi menu ideal untuk sahur agar terhindar dari ngantuk dan lelah adalah karbohidrat serta serat seperti buah dan sayuran segar.

Tapi untuk anak kos seperti saya, susah konsisten masak sesuai menu seimbang. Agar asupan yang saya konsumsi tetap sehat sehingga terhindar dari ngantuk dan lemas, saya mengkonsumsi suplemen British Propolis saat sahur.


KANDUNGAN :  Antibiotik Alami, Bioflavonoids, 14 mineral dan semua Vit kecuali K & 16 rantai asam amino.
MANFAAT :  Stamina dan Penyembuhan berbagai penyakit.
HARGA NORMAL: Rp. 250.000 

British Propolis merupakan produk premium yang berasal dari propolis Inggris. BP ini berbeda dengan produk propolis lain yang biasa beredar di Indonesia karena BP mengandung Bioflavonoids 4 kali lebih banyak sehingga efeknya setelah pemakaian 4 kali lebih cepat dibandingkan propolis lain.

Alhamdulillah selama mengkonsumsi BP khususnya sejak puasa, saya selalu merasa bugar. Meskipun pada saat diminum harus tahan nafas karena baunya yang menyengat. Untuk cara minumnya boleh diteteskan langsung dibawah lidah, boleh juga dicampur di air hangat.



British propolish bisa didapatkan melalui distributor resmi yang ada di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Makassar sendiri, kemarin saya belinya disini. Untuk yang berminat, segera aja beli mumpung harganya lagi promo, dari harga Rp 250.000 menjadi  Rp 199.000 :)

Penutup
  
Puasa itu menyehatkan selama dijalankan dengan cara yang benar. Contohnya berbuka dan sahur dengan makanan bergizi serta tidak tidur setelah sahur. Tips menghilangkan kebiasaan tidur setelah sahur tadi ada 5, yaitu:

1. Sahurnya mendekati waktu imsak
2. Setelah shalat, lakukan kegiatan bersih-bersih rumah.
3. Setelah membersihkan rumah, wudhu lalu mengaji dan berdzikir
4. Setelah mengaji dan dzikir, mandi atau berolahraga. 
5. Mengubah pola makan saat sahur.

Oiya waktu pagi itu kan waktu yang penuh berkah, jadi walau sudah lewat 2 jam setelah sahur sebaiknya tidak tidur lagi sampai jam 11 karena dampak tidur pagi akan membuat tubuh kita malas gerak dan otak malas berpikir. Waktu paginya boleh diisi dengan melakukan berbagai kegiatan positif, entah untuk bekerja atau beribadah. Dalam Islam juga tidak dianjurkan untuk tidur pagi.

وَمِنَ المكْرُوْهِ عِنْدَهُمْ : النَّوْمُ بَيْنَ صَلاَةِ الصُّبْحِ وَطُلُوْعِ الشَّمْسِ فَإِنَّهُ وَقْتٌ غَنِيْمَةٌ

“Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak).” (Madarijus Salikin, 1: 369)


Semoga semakin kita berusaha menjalankan puasa dengan cara yang baik, ibadah kita akan diterima oleh Allah SWT. aamiinn. Now, say goodbye to 'Tidur setelah sahur'  ;)

Sumber gambar:
http://pixabay.com
http://britishpropolis.id/british-propolis

1 Comments

  1. gue banget
    inginnya tidak tidur, apa daya mata tidak kompromi..
    bukan karena ingin, tapi karena setelah absen kerja kami harus fokus, khawatir ngantuk kemudian hilang konsentrasi

    ReplyDelete